Materi 2 Pembelajaran SIMDIG kelas x tentang Microsoft Office Word dan Excel

 

Microsoft word

Microsoft Office

 

Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Micrososft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel Word, dan Power Point. Versi terbaru dari Aplikasi Microsoft Office adalah Office 15 (Office 2013) yang diluncurkan 29 Januari 2013.

 

 MICROSOFT OFFICE WORD

 

Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat populer pada saat ini, Aplikasi yang dikembangkan oleh microsoft ini terdapat dalam satu paket microsoft office yang berisi microsoft word, microsoft excel, microsoft power point, microsoft office publisher microsoft office access dan lain-lain.. Akan tetapi dari sekian banyak ini paket yang ditawarkan microsoft word yang paling sering dipakai oleh kebanyakan orang selain microsoft excel dan power point. Dalam perkembangannya microsoft word mengalami banyak perkembangan dari tahun ke tahun mulai dari microsoft word 1998, microsoft word 2003, microsoft word 2007, microsoft word 2010 dan microsoft word 2013. Dengan perkembangan tersebut microsoft telah menambahkan database dan tool yang baru untuk menyempurnakan agar microsoft word lebih mudah untuk digunakan. Dengan microsoft word dapat memudahkan kerja manusia dalam melakukan pengetikan surat maupun dokumen lain.

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjfas03DezxM2r_FVzIxwDKTN48w_8pkXXZXlzhXyGO0eDsnngA1Aj2gO6s3OSrpU3YusQX2SWLb4Ycj0fSaDrBvgnLQHOycA9B4SCenYi4DYEEf7yTcpKydqWc4SV7NJVcgOzQCawjPo4/s320/microsoft+word.jpg

 

Fungsi Microsoft Word

Adapun fungsi dari mirosoft word adalah sebagai pengolah kata sehingga semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dilakukan dengan aplikasi ini seperti:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRI6lYkist38ASFhPlXblfbj8t68lKg5r256FaqOWJT4-UpcC3z7GM0iwkbcqyoWO_7nnzRWOUkuZZUC8XNt-pNPdFPBE6jgVVaEFYNChKlhBCsThUv2kuiwM6qQlc62G_D_0qeTr9yoY/s1600/MS-word.jpg

  • ·  membuat surat
  • ·  membuat tabel
  • ·  membuat tulisan dengan berbagai variasi (word Art)
  • ·  memasukan gambar
  • ·  dan membuat dokumen

 

Manfaat Microsoft word

Adapun manfaat dari microsoft word adalah sebagai berikut:

1. memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan

Dengan microsoft word kita bisa membuat dokumen sesuai dengan yang kita inginkan dan kita bisa mengedit dan merubah jika terjadi kesalahan sebelum dicetak. Anda juga bisa membuat tabel dengan variasi sesuai dengan yang anda inginkan.

 

2. Menghemat Waktu dalam Pekerjaan

Dengan kita menggunakan microsoft word kita dapat menghemat waktu dalam pekerjaan kita, kita bisa menggunakan fungsi mail marge untuk membuat surat massal sehingga dapat menghemat waktu bila dibandingkan dengan harus mengetik atau menulis satu per satu surat yang akan dicetak.

 

3. Menghemat Kertas dan Biaya.

Dengan microsoft word kita dapat menghemat kertas yang digunakan karena kita bisa menyimpan hasil pekerjaan kita dalam bentuk file sehingga tidak memerlukan banyak kertas untuk mencetak dokumen untuk archive dan juga akan lebih menghemat biaya operasional.



 Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata(word processor) andalan Microsoft.

1.    Jenis huruf

Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)

2.    Pembuatan Numbering

Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.

3.    Pembuatan Outline

Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)

4.    Pemakaian Break Section

Biasanya dalam suatu dokumen  terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” ,  Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).

5.    Penomoran Halaman

Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at  … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)

6.    Pembuatan Daftar Tabel

Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.

7.    Pembuatan Daftar Isi

Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)

8.    Editing dengan Document Map

Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengenalan Microsoft Excel

MICROSOFT OFFICE EXCEL

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirL17qA-yiE_QzMPXN8JDr7QmJglw89gOfY6gD9sufqzkQ8pOnYliwe-vbCgDEjuYtoGqhC70dN0ttNlgpB3rfaV8KPeNe4vg7YPumDVWeNl3rGhRM_i6il8y3n769DAcTn2OhFjvPJVA/s1600/MS-Excel31.jpg

Komponen Microsoft Excel

 

Dalam Microsoft Excel terdapat beberapa bagian atau komponen, diantaranya yaitu :

  1. Row Heading, penunjuk lokasi baris dalam sebuah lembar kerja (worksheet) Excel
  2. Column Heading, penunjuk lokasi kolom dalam sebuah lembar kerja Excel
  3. Cell Pointer, penunjuk sel yang aktif
  4. Formula Bar, Tempat di mana rumus diketikkan untuk digunakan dalam sebuah lembar kerja Excel.

Fungsi Microsoft Excel

 

Microsoft Excel ini memiliki banyak fungsi dan kegunaan diantaranya yaitu :

  1. Untuk membuat laporan keuangan akuntansi.
  2. Untuk keperluan administrasi sebuah instansi.
  3. Untuk mengurutkan beragam data baik pengolah angka maupun kata.
  4. Untuk melakukan perhitungan otomatis dengan menggunakan rumus dan logika.

 

Kelebihan Microsoft Excel

Microsoft Excel sebagai program populer memiliki kelebihan/keunggulan diantaranya yaitu :

  1. Antarmuka pengguna yang userfriendly.
  2. Tersedianya fitur untuk membuat grafik data.
  3. Adanya fitur pemrograman VBA.
  4. Kemampuan menyimpan data dalam jumlah besar.
  5. Mudah dioperasikan jika paham rumus dan logika dalam Excel.

Kekurangan Microsoft Excel

Selain memiliki kelebihan, Microsoft Excel juga memiliki kekurangan/kelemahan diantaranya yaitu :

  1. Merupakan program berlicensi sehingga harus membayarnya kepada pengembang.
  2. Jika belum tahu rumus dan logika excel, akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya.
  3. Jika salah menggunakan rumus akan berakibat pada kesalahan membaca data.

 

 

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.  Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini :

Istilah-istilah dalam Excel

a)      Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5

b)      Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.

c)      Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)

d)     Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 range mulai dari cell A4 sampai cell D6

e)      Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6

f)       Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7

g)      Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5

h)      Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar. Contoh : Holla nama lain range A5:G7

 

Komentar

Postingan Populer