Materi 1 Pembelajaran SIMDIG Kelas x tentang Alogaritma
Sekolah: SMK
Jurusan: TKJ
Materi Materi Simdig Semester 1 kelas X
Simulasi adalah suatu cara untuk menduplikasi/menggambarkan ciri, tampilan, dan
karakteristik dari suatu system nyata. Ide awal dari simulasi adalah untuk
meniru situasi dunia nyata secara matematis, kemudian mempelajari sifat dan
karakter operasionalnya, dan akhirnya membuat kesimpulan dan membuat keputusan
berdasar hasil dari simulasi. Dengan cara ini, sistem di dunia nyata tidak
disentuh /dirubah sampai keuntungan dan kerugian dari apa yang menjadi
kebijakan utama suatu keputusan di uji cobakan dalam sistem model.
Digital berasal
dari kata Digitus,
dalam bahasa
Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari
jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10).Nilai sepuluh tersebut terdiri
dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan
penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang
terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on(bilangan biner). Semua system
computer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga
dengan istilah Bit(Binary Digit)
jadi simulasi
Simulasi digital Adalah simulasi yang implementasinya menggunakan computer
digital.
1.Konsep
Bilangan
Di dalam konsep bilangan terdapat 4 diantara nya :
Bilangan Biner
=terdapat 2 bilanagn = 0,1
Bilanagn octal
=terdapat 8 bilanagn = 0,1,2,3,4,5,6,7
Bilangan Decimal
=terdapat 10 bilangan = 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9
Bilangan
Hexadecimal = terdapat 16 bilangan = 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,a,b,c,d,e,f
- Konversi Bilangan
2. Gerbang Logika
Pengertian Gerbang Logika Dasar dan Jenis-jenisnya– Gerbang Logika
atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Logic Gate adalah
dasar pembentuk Sistem Elektronika Digital yang berfungsi untuk mengubah satu atau
beberapa Input (masukan) menjadi sebuah sinyal Output (Keluaran) Logis. Gerbang
Logika beroperasi berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan yang hanya
memiliki 2 kode simbol yakni 0 dan 1 dengan menggunakan Teori Aljabar Boolean.
Terdapat 7 jenis Gerbang Logika Dasar yang membentuk sebuah Sistem Elektronika Digital, yaitu :
1. Gerbang AND
2. Gerbang OR
3. Gerbang NOT
4. Gerbang NAND
5. Gerbang NOR
6. Gerbang X-OR (Exclusive OR)
7. Gerbang X-NOR (Exlusive NOR)
contoh pengerjaan
gabungan gerbang logika:
1. Z = A + (B . C)
2. Z = (A + B) . C
3. Z = (A + B) . A'
4. Z = (A . B) + B
3. Flaw Chart
Flowchart adalah adalah
suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses
secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses
lainnya dalam suatu program.
symbol symbol flaw chart:
4. Flaw map
Pengertian Flowmap adalah campuran peta dan flow chart,yang menunjukan pergerakan benda dari satu lokasi ke lokasi lain, seperti jumlah orang dalam migrasi, jumlah barang yang diperdagangkan, atau jumlah paket dalam jaringan. Flowmap menolong analisis dan programmer untuk memecahkan masalah ke dalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternaitf-alternatif lain dalam pengoprasian.
Symbol Symbol yang ada dalam Flaw map:
1.Dokumen : Menunjukan dokume inpt atau output untuk proses manual atau komputer.
2.Proses : Kegiatan proses yang di lakukan dengan komputerisasi.
3.Proses Manual : Kegiatan proses yang di lakukan dengan manual.
4.Garis alir : Menunjukan alir data dari atau ke proses.
5.Data store : Menunjukan penyimpanan arsip atau dokumen non komputer.
6.Database : Tempat penyimpanan data berbasis database
7.Data elektronik : Menunjukan laporan data elektronik.
Komentar
Posting Komentar