Materi 1 Pembelajaran SIMDIG Kelas x tentang Alogaritma

 

Sekolah: SMK  
Jurusan: TKJ

Materi Materi Simdig Semester 1 kelas X


Simulasi adalah suatu cara untuk menduplikasi/menggambarkan ciri, tampilan, dan karakteristik dari suatu system nyata. Ide awal dari simulasi adalah untuk meniru situasi dunia nyata secara matematis, kemudian mempelajari sifat dan karakter operasionalnya, dan akhirnya membuat kesimpulan dan membuat keputusan berdasar hasil dari simulasi. Dengan cara ini, sistem di dunia nyata tidak disentuh /dirubah sampai keuntungan dan kerugian dari apa yang menjadi kebijakan utama suatu keputusan di uji cobakan dalam sistem model.

Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10).Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on(bilangan biner). Semua system computer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit(Binary Digit)



jadi simulasi Simulasi digital Adalah simulasi yang implementasinya menggunakan computer digital.                                       
1.Konsep Bilangan 

Di dalam konsep bilangan terdapat 4 diantara nya :

Bilangan Biner =terdapat 2 bilanagn = 0,1
Bilanagn octal =terdapat 8 bilanagn = 0,1,2,3,4,5,6,7
Bilangan Decimal =terdapat 10 bilangan = 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9
Bilangan Hexadecimal = terdapat 16 bilangan = 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,a,b,c,d,e,f

  • Konversi Bilangan

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtQ3Z_ka56Lr8Ia1j5FfbVeoqEFsJeps3bI4qZzCEF4278IorGQW23SFKNWHhALmDUJV1CPp-HO3EEuAbJj-OLDRcDcyDrSNyYGsWfPkOxkqs48PlH16WMxLgWIgPPM4UG1lhWy5jEgeA/s320/bin2dec.png

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiUr0q-sH3hku_OTWpPSyDemrliHlsQiirndV8dlPFOYEji1jCMemK5cUd9of8U9oII_hipD6q1fidL0mrk8MNjfPZukEgEWEtQq_6KS2XYtgjSKwxqJD_tPw2FdKoXEGS9QMya7hUbnno/s320/x-basis-bin2hex.jpg

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgE_B0JQaIIlwEGCRtZg7lCJov_Qc6pCMnypHmSXDmsY_el-rdlHHiaDT9nrH7URuqGBZSTnnzU7rBnktj2s6j6ZZjAjo40LQzu0Pw7qE8XY6SJ8-UyJ_l-EIqG9kg28Md5um1KP4xkHEI/s320/x-basis-bin2oct.jpg

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhRPK2Pdlca6qhJvHXf27YTXDgvB7yrF4QQ2ByIvel0cQPHUkULr6-jVs4ornb1NHnqYnIDHSFxeO8Rbq72jJ6GgMttGw-Auyc4t30N1-4bKar8R-s36oUoiVcjLD52JxlD-4LeL_X2MtE/s320/x-basis-dec2bin.jpg

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirrnuU389S-KVTUjgH6KMtgKVbbHJqED6wMI0DHe8mro7ggUIDlIG18mkJFUTx1NkpSiJnVB2le28K9Gwk0XH3vurocZJzct_a-2UZtjK43fnr8KM8SeWuZH6-2xyc6Qg46zZVT4DJAgg/s1600/x-basis-dec2hex.jpg

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjaiFsBqy72eclFLzaj75bAUzmQeoWpi0lO26QPTwhpuy-s7K4Ait4r9-EU-jDaZR5BNOjXos_40Lq16ozQr_29vU7A416DOjrxJKS7DOC3sg3XsJqMyupu1bpI0RelRbkdDpj0iJHGYY0/s320/x-basis-dec2oct.jpg

2. Gerbang Logika
Pengertian Gerbang Logika Dasar dan Jenis-jenisnya– Gerbang Logika atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Logic Gate adalah dasar pembentuk Sistem Elektronika Digital yang berfungsi untuk mengubah satu atau beberapa Input (masukan) menjadi sebuah sinyal Output (Keluaran) Logis. Gerbang Logika beroperasi berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan yang hanya memiliki 2 kode simbol yakni 0 dan 1 dengan menggunakan Teori Aljabar Boolean.

Terdapat 7 jenis Gerbang Logika Dasar yang membentuk sebuah Sistem Elektronika Digital, yaitu :

1.    Gerbang AND

2.    Gerbang OR

3.    Gerbang NOT

4.    Gerbang NAND

5.    Gerbang NOR

6.    Gerbang X-OR (Exclusive OR)

7.    Gerbang X-NOR (Exlusive NOR)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEja1mWZVGCYqmObOuq29lX5s9nbx8SOsTqY-tb7zDJ9Pc5pxxXlokCOmj6xCrSdynrX4XGdQG_iCERqZVY0562riOxwpzLkQWa94KK_uDlZqaFbgfSabQU-BQwqx8NjB0JScMcbibNBASU/s320/Simbol-Gerbang-AND-dan-Tabel-Kebenarannya+-+Copy.jpg

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjB3W4jyJfaVGxIjmCY9JjTgnNdY2roUyVK3z_42ku-DfopClTc9Y6rPkRrLp9kblWF17oDZ2Gf_T_WMrSMdMWE1kqQrlneibuvrNmeZOQ-mxsOiUU0JDGOP7uw7Dvn79_ihPKPJDU8E2Q/s320/Simbol-Gerbang-Logika-NOR-dan-Tabel-Kebenaran-Gerbang-NOR.jpg

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi1VplbfpwKH0SG6y99SaGXkbHWQO2T1t1YUxJ3NghfH1x-QGTmonRqV2HJoNft60hNjWgSDp6tS3RV33A0Qn0uIq2RXww5QzA8MLCZousJTKlYG4DCew55jVY2DZJHRrVB36HEpMyktUw/s320/Simbol-Gerbang-Logika-NOT-dan-Tabel-Kebenaran-Gerbang-NOT+-+Copy.jpg

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxZLMM5UGRMk5xrZtqKROMJoO4RvDlaY0jKBOKninZDu_AqtIhGP-cLq41M90IQOQ-q7FoyN8OWwn4QvZynMsWbv-CEvQcDr0NNpbATnxnPXLDiNxaLsRIZOFTEIWkgWf5E28PVKPkV0s/s320/Simbol-Gerbang-Logika-OR-dan-Tabel-Kebenaran-Gerbang-OR.jpg

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6a56KFHUkZb5IM0KYLbVZE0SVblqvNL5CE3yUCRIXPYgwzTgmgZibwvS0LSoOhAgjSjZN7uPz3Ux54CO2frnE1bzUMGmjJpeej62xE6q9MQnbB3_kYVeuhGFl6Lh37y4CK6OA6wx0jsE/s320/Simbol-Gerbang-Logika-X-NOR-dan-Tabel-Kebenaran-Gerbang-X-NOR.jpg

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgk_xd4a-mU-UV2Q1x7C23HJfFfQvawaFXtQpQrA9gM5aTCICGoyIlhcC9dVJvHvSrcN7JEi6YP_69LxE7h9e72BV8rHX98_gcWbLeaTjUquDHWvenWU0ITQ4GK7zV-6lVhKyYzt0R1g6s/s320/Simbol-Gerbang-Logika-X-OR-dan-Tabel-Kebenaran-Gerbang-X-OR.jpg

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMq-qcZpCsR_yLNit-2CFYxyixQGHtRF88YcOTm__8qPpd8EgLmJCDNv_vba80BfKGNr6ehxND4I4jaakgs03F9MCACmdd6brrVpF_2gpLnTv17yWwy21rZjapW2CzAHilN3oTCcZ4sKM/s320/Simbol-Gerbang-NAND-dan-Tabel-Kebenaran-Gerbang-NAND.jpg

contoh pengerjaan gabungan gerbang logika:

1.  Z = A + (B . C)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_Vbz6Xem5Ii4k_NM_RdH3NLCd-IDCbY604b8FdAnKht9FHdgbqlmDQQlRMI8DEPCeq4S-KA8ldsV4rbXHB5KoTYOLCR_J8tfltIHPQ23uzCHNmJ81J6JWS37x2ieWpP-smQlhSpM9ql52/s400/1.PNG

 2.  Z = (A + B) . C 


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgYIT7J9FB9uWvUvn1Ycq_Ubd0JBPhuJShl_S6xBf3ydfUpVr1R_dpHPCqWE-3drTxepeSBcvR5Q73OJHpHWJLrhuJgAwZTrrQjiZBV9Eaq0-lelfYbNexHgXwNp-KtFRWnoiJNhNU7Oq39/s400/2.PNG


3.  Z = (A + B) . A'


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibp5XRbmKsu-XlzMBYjnr1FrajbPFk0xRhU6hH7WtLc_5FyL_o6Iwa6R75aPkpJoHOEBomuOGRG4xSwSfQE16StCfhDDDdDcogBxpblyk_6444iAgEaMq0iDFeMMdcx5eXOGMBkHlI2jVa/s400/3.PNG 


4.  Z = (A . B) + B


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFIzHhZdEJytdeMuzpIIIir_njCb2IGPx2FNpLAOPxOxawtnAeBM5wgXZVzlVCmZygpOl3sNhydPXXWSFOCL5O9AWXJspCzaAkpgMUNtD22ZDTmg456Z5r8yyrA3hFKmAapUQsDQcxWISw/s400/4.PNG

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjHWwjx0MAIwzN0NDDR0MwmKilnkxaBaFjOyoz1AahPntHZBEX6H-tRljjqQ8dJkE3NZBVpXud65XMLSYpZcwdtFb2pU4i1Yc75QJbuvfXcfI0wxZ_bTuCpSErHdoPEg579Za_zh5pVQoot/s1600/Tabel1.PNG 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIWcCFM4ovieXdLfwNPTiJOIgFwVCOyZoWSjWgXDAMDcWJNqdMlSavIVm9JUin_NfjROV01SoWTEIYWQtqy9iN310bcIDA4rRhNexdgEc7flW9NEPA-v5OFqAfEvRcCv79T5gCTzMq-GgV/s1600/Tabel2.PNG


3. Flaw Chart
Flowchart adalah adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.

symbol symbol flaw chart:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOZW_DL2aB6V5vbj6dymdoeMry1HVMwzfnlRgb2l0-BaQphdzz6WzVpZL2VPKkfS_7LNYfxgLmUxLJrOSAViAeOoh_XMNQRtK1mxJmDNizm9JnWHLW7NabPTVDlUBQzo1IH2QyC00FMNE/s320/simbol-flowchart-1.jpg

 

4. Flaw map

Pengertian Flowmap adalah campuran peta dan flow chart,yang menunjukan pergerakan benda dari satu lokasi ke lokasi lain, seperti jumlah orang dalam migrasi, jumlah barang yang diperdagangkan, atau jumlah paket  dalam jaringan. Flowmap menolong analisis dan programmer untuk memecahkan masalah ke dalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternaitf-alternatif lain dalam pengoprasian.

Symbol Symbol yang ada dalam Flaw map:

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgITR4c9dcSj8JKxcIXyMsPWf2fkZBZJ7DN5WftXzJT5TjziW3dxjP27tTGW59tsL1ptQ6o7DYNj0saAwZywRd8WkP__EUQ6uyv53gDUabv3KcMQTyI2Vwzk19n9QhMgOTyqcsWbCRQuRo/s400/flowmap.jpg

1.Dokumen : Menunjukan dokume inpt atau output untuk proses manual atau komputer.

2.Proses : Kegiatan proses yang di lakukan dengan komputerisasi.

3.Proses Manual : Kegiatan proses yang di lakukan dengan manual.

4.Garis alir : Menunjukan alir data dari atau ke proses.

5.Data store : Menunjukan penyimpanan arsip atau dokumen non komputer.

6.Database : Tempat penyimpanan data berbasis database

7.Data elektronik : Menunjukan laporan data elektronik.

 

Komentar

Postingan Populer